Thursday, January 30, 2014

BIJI & BUAH ALPUKAT UNTUK KESEHATAN

Tumbuhan ini berasal dari meksiko dan amerika tengah, pohon yang dapat mencapai ketinggian sampai 20 meter ini berbuah dan memiliki buah yang sangat banyak dikonsumsi orang ketika dicampurkan dalam makanan tertentu seperti dalam campuran es. selain buah dan daunya berfungsi ternyara biji dan akar alpukat juga memiliki fungsi.

Biji alpukat sering dipakai dalam industri tekstil sebagai pewarna yang tidak mudah luntur, tapi selain sebagai bahan pelengkap dalam suatu industri tekstil ternyata bijinya sangat berguna pula dalam menunjang kesehatan manusia.

kandungan kimia dalam alpukat khususnya daun,daunya mengandung polifenol, alkaloid, flavonoid dan saponin.kadar minyak nabati dalam alpukat lebih banyak terdapat dibagian daging buanya dan sedikit di bagian kulitnya makanya untuk kecantikan kulit buah ini juga sangat menunjang.

Daun alpukat banyak dimanfaatkan sebagai pelancar buang air kecil dan tentunya pengobatan kencing batu sedangkan bijinya dipakai sebagai obat sakit gigi dan kencing manis juga, cara menggunakan buah alpukat selain sebagai makanan pencuci mulut yaitu :

Daging buah alpukat dicampurkan dengan dengan dua sendok madu akan menyembuhkan sariawan, daun alpukat 4 lembar, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau dicuci lalu direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa 2 gelas air setelah dingin disaring dan minum 3 kali 3/4gelas akam membantu menyembuhkan kencing batu.
untuk perawatan kulit muka, ambil bagian buahnya dan dilumatkan kemudian buat itu sebagai masker lakukan itu sampai lumatan buah alpukat itu kering diwajah.

No comments:

Post a Comment