Monday, February 3, 2014

LIDAH MERTUA (SANSEVIERIA) UNTUK PENGOBATAN

Lidah mertua atau sansevieria adalah tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias dalam rumah ataupun luar rumah,sansevieria yang lebih banyak terlihat sebagai bungah ini dapat tumbuh dengan sedikit air maupun sedikit terkena cahaya matahari, tanaman yang berbentuk lidah dan tajam ini ternyata selain sebagai tanaman hias ternyata memiliki fungsi sebagai obat dalam  pengobatan berbagai macam penyakit.

Lidah mertua ini mempunyai dua jenis yaitu : jenis yang tumbuh memanjang ke atas sampai 50-60 cm dan ada yang berdaun pendek melingkar bentuk roset dengan panjang 6-8 cm, tumbuhan ini tebal dan banyak menyimpan air sukulen sehingga demikian membuat tanaman ini bisa bertahan dalam kondidi yang kering sekalipun.

Banyak orang mungkin pernah dan selalu melihat tanaman ini disekitarnya sebagai tanaman hias tapi hanya sebagian orang yang tau bahwa kalo tanaman ini banyak fungsinya untuk pengobatan berbagai penyakit yang menyerang tubuh manusia.

Keistimewaan tanaman ini memiliki daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan, menurut penelitian para ahli tanaman ini memiliki fungsi juga mengurangi polusi udara.
dan tentunya paling istimewa juga bahwa tanaman ini diseluruh bagiannya dapat berfungsi sebagai obat antibiotik, radang, flu, kencing manis, tekanan darah tinggi dan pereda racun ketika digigit ular.
daun dari bunga ini mengandung abamagenin, kardenolin, saponin dan polifenol. cara pemakain sebagai obat seperti dibawah ini :

Untuk tekanan darah tinggi, diare, digigit ular, radang saluran pernapasan, radang lambung dan radang usus :
cuci 27 gram akar lidah mertua kering,rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas kemudian di saring dan dapat diminum sehari dua kali dan untuk infuenza,batuk dan kencing manis rebus 25 buha lidah mertua dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas dan di saring serta diminum `1/2 gelas dua kali sehari

No comments:

Post a Comment