Tuesday, February 4, 2014

KELADI (CALADIUM BICOLOR) UNTUK OBAT LUAR TUBUH

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus caladium(suku araceae), dalam keseharian keladi juga sering disebut untuk beberapa tumbuhan yang masih sekerabat dengannya seperti talas. keladi sejati jarang membuat umbi yang besar,asal tanaman ini berasal dari hutan brasil dan sudah menyebar ke penjuru dunia.

Ciri khas dari tanaman ini adalah bentuk daunnya seperti simbol jantung manusia.daunya yang licin seperti berlapiskan lilin dan ukurannya tidak melebihi satu meter.beberapa jenis tanaman keladi ini di pergunakan sebagai tanaman penghias di halaman rumah.

Bunga yang mempunyai umbi ini ternyata memiliiki keunggulan lainnya sebagai obat luar pada manusia dan yang pasti tidak pernah dan tidak dianjurkan untuk diolah menjadi obat bagian dalam tubuh.semua bagian keladi beracun dan tidak boleh dikonsumsi.

Tanaman yang lebih banyak dipergunakan sebagai tanaman penghias atau bunga, untuk kegunaan pengobatan bagian luar tubuh ternyata dapat menghilangkan pembengkakan dibagian jari-jari.
dengan mengunakan bagian umbi dari tanaman ini yang mana umbinya mengandung unsur kimia saponin,flavonoid,polifenol keladi ini akan meredahkan sakit dan bengkak padaa jari tangan.

Cara mengolah yang efektif dan aman umbi keladi sebagai obat luar tubuh.ambil umbi keladi sebanyak lima belas geram dan ditumbuk hancur dan sampai halus kemudian umbi yang sudah halus tersebut ditempelkan pada bagian jari yang bengkak dan kemudian digantikan setelah tempelan itu mengering,lakukan seterusnya sampai bengkak menurun.

No comments:

Post a Comment