Thursday, January 9, 2014

SEHAT PRAKTIS DENGAN JAHE

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer dengan rempah-rempah dan bahan obat, rasa dominan yang pedas disebabkan senyawa keton zingeron.
Jahe diperkirakan berasal dari india, namun ada pula yang mengatakan jahe berasal dari cina.

Khasiat jahe bukan rahasia lagi, banyak penyakit-penyakit ringan yang dapat disembuhkan lewat tanaman jahe ini.minyak jahe dapat menghilangkan rasa mual dan muntah-muntah saat mabuk kendaraan juga rasanya yang tajam dan merangsang napsu makan, memperkuat otot usus, mengeluarkan gas dalam usus serta membantu fungsi jantung.

Banyak orang indonesia jahe telah dijadikan obat tradisional sehari-hari untuk menghilangkan masuk angin, batuk, diare dan jahe juga dijadikan pembersih tubuh melalui keringat.

Penelitian para ahli jahe telah terbukti dapat membantu pencernaan, mencegah mual, membuat lambung jadi nyaman dan juga jahe mengandung anti oksidan yang membantu menetralisir efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

Selain dipasarkan dalam olahan jahe, juga jahe dipasarkan dalam bentuk jahe segar yaitu setelah panen jahe dipasarkan kepasaran menjadi rempa-rempah makanan.
beberapa hasil jahe yang sudah di olah diantaranya Jehe kering, awetan jahe, jahe bubuk, minyak jahe, oleoresin jahe.

cara mengkonsumsi dan mengolah secara praktis dan alamiah yaitu sediakan 2 rimpang jahe yang sudah dibersihkan kemudian diseduh dengan air panas dan tambahkan sedkit gula aren dan siap di minum saat hangat.

No comments:

Post a Comment