Monday, March 3, 2014

TUMPANGAN AIR SEMBUHKAN ASAM URAT & JERAWAT

Tumpangan air (peperomia pellucida) adalah terna kecil semusim berakar dangkal yang biasa ditemukan tumbuh liar ditepi saluran air dan dipekarangan halaman yang tanahnya lebih lembab dan basah. tumbuhan yang tumbuh disepanjang waktuh dan ditempat yang sedikit teduh dan lembab ini dikenal di asia dan amerika tumbuahan berbiji ini sangat mudah tumbuh.

Banyak orang yang pernah melihat tanaman ini yang seperti rumput saja tapi banyak tidak mengetahui kalau seluruh bagian tanaman ini dapat dikonsumsi dan dijadikan tanaman obat, walaupu bisa dimakan tanaman ini lebih populer sebagai tanaman penyembuh untuk berbagai penyakit.

Nama lain tumpangan air ini di indonesia adalah suruhan, suruhan lebih banyak tumbuh liar saja dan bukan tanaman hias atau dibudidaya, herba yang tumbuh tegak dan akar yang berbentuk serabut halus ini  memiliki batang setinggi 20-30 cm, berair, bercabang bulat, tebal dan berwarna hijau keputih-putihan.

Tanaman ini memiliki bunga tersusun rapi dalam rangkain berbentuk bulir yang panjangnya 1-6 cm warnanya hijau terdapat diujung tangkai dan ketiak daun, berbuah pula bentuk bulat, ujungnya runcing dan sangat kecil.
bunga tanaman ini berbentuk bujur dan berwarna hijau ketika muda dan akan kecoklatab pada saat matang dan akan menghasilkan minyak sari jika dimasak.

Seluruh bagian tanaman ini dapat dimakan tapi kebanyakan dikenal manfaatnya sebagai obat, Kandungan kimia yang bermanfaat tanaman ini memiliki beberpa komponen meliputi 2 secolinans, 2 tetrahydrofuran lignans dan satu methoxylated dihydronaphthalenone.

Efek pengobatan dari tanaman ini menunjukan adanya agen antibakteri staphylococcus aureus bacillus subtilis dan lainnya yang dimana ini memiliki potensi sebagai antibiotik. dalam pengobatan tradisional tumpangan air dikenal sebagai bagian dari pengobatan sakit perut, bengkak, jerawat, pegal-pegal, sakit kepala dan paling uatamanya yaitu sakit asama urat atau reumatik.

Cara mengolah tanaman ini sebagai penurun bengkak akibat asam urat: ditumbuk halus  60 gr tanaman suruhan ini  yang masih segar serta telah dibersihkan dan dicuci dengan air. dan dibalurkan pada bagian yang sakit.

No comments:

Post a Comment