Thursday, March 6, 2014

DAUN BALUNTAS HILANGKAN BAU BADAN & BAU MULUT

Baluntas Merupakan tanaman semak yang bercabang banyak, berusuk halus dan berbuluh lembut. umumnya tanaman ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar. tingginya bisa mencapai 3 meter sehingga terkadang banyak membuat tanaman ini sebagai pagar pada halaman sehingga dinamakan tanaman pagar.

Tanaman ini khususnya tersebar diberbagai daerah dan masing-masing mempunyai nama tersendiri dan khusus, diantaranya baluntas nama melayunya, di sunda namanya baruntas, jawa umumnya namanya luntas, sumatra namanya baluntas, ditimor dan nusa tenggara  namanya lenabeau, dan lemutasa di sulawesi.

Beluntas berupa tanaman perdu tegak, berkayu, bercabang, berdaun tunggal yang berbentuk bulat telur ujungnya runcing serta berbulu halus,daunnya sewaktu masih muda berwarna hijau kekuning-kuningan dan setelah tua menjadi hijau kotor pucat karena diselimuti buluh.berbunga majemuk bentuk malai.

Tanaman ini telah banyak diketahui banyak orang akan tetapi menjadi sebagai obat tanaman hanya dikenalbagi para orang-orang tua saja dan kurang dikenal pada orang-orang muda sehingga untuk menjadi obar tanaman ini termasuk tanaman herbal tradisional.

untuk menggunakan sebagai bahan pengobatan yang diolah dari tanaman ini hanya pada bagian daunnya saja, pada tanaman ini terdapat berbagai kandungan kimianya yang berguna diantaranya pluchine, asam kafeoilkuinat, saponin, flavonoid, dan polifenol.

Khasiat untuk pengobatan tanaman baluntas ini dapat berguna sebagai bahan obat sakit demam, batuk, serta menghilangkan bau badan untuk hal lain daun baluntas bisa juga mengurangi kekejangan dan menyembukan tukak lambung.

cara praktis dari daun ini menjadi obat, untuk sebagai penghilang bau badan , bau mulut disediakan daun baluntas yang baru dipetik atau masih segar dan dijadikan lalapan atau dapat diproses terlebih dahulu dengan dikukus dan dimakan secara langsung.

No comments:

Post a Comment