Saturday, February 15, 2014

TEMPUYUNG OBAT UNTUK PENDERITA KENCING BATU

Tanaman yang lebih sering kita lihat sebagai tanaman hijau penghias pagar ini sebagian orang membuat makann ini menjadi lalapan meski yang rasanya agak pahit. tanaman yang selain jadi lalapan ini ternyata mempunyai fungsi pengobatan yaitu mengobati penderita sakit kencing batu.

Karena pada umumnya tanaman obat herbal tidak hanya memiliki satu atau dua khasiat saja, khasiat lain dari tanaman ini menurunkan demam, menurunkan darah tinggi, sebagai obat bisul, kegemukan dan tentunya melancarkan air seni.

Herbal tahunan ini tegak dan tinggi 0,6 - 2 m, mengandung getah putih dengan akar tunggang yang kuat, batang berongga, berdaun tunggal, bagian bawah tumbuh berkumpul pada pangkal membentuk roset akar. helain daun berbentuk lonjong dan ujungnya runcing, warnanya hijau mudah. bunga tanaman ini nerbentuk bonggol. bertangkai, mahkota berbentu jarum, warnanya kuning cerah.
buahnya kotak berusuk lima bentunya memanjang sekitar 4 mm, pipih, berambut dan cokelat kekuning- kuningan.

bagian yang digunakan untuk obat herbal dapat menggunakan seluruh bagian tanaman ini, kandungan kimianya mengandung oc-laktuserol, plaktuserol, manitol, silika, kaliumdan taraksasterol.
efek farmokologinya tanaman ini mempunyai sifat rasa pahit dan dingin  yang menghilangkan  panas dan racun serta penghancur batu disaluran atau kantung kemih.

untuk mengolahnya sebagai penghancur batu dalam saluran kemih sediakan 250 mg daun kering ditambah 250 cc air dan direbus, sehari dapat diminum 3 kali sampai sembuh .
cara lainya dapat pula dikombinasikan dengan herbal lainnya yaitu dengan 5 lembar daun tempuyung, 5 lembar daun alpukat, 2 jari gula aren lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa dua gelas, setelah itu dapat diminum 3 kali sehari sampai sembuh.

No comments:

Post a Comment