Sunday, February 16, 2014

BELIMBING WULUH BERMANFAAT UNTUK ENCOK & CEDERA MEMAR

Belimbing sayur atau belimbing wuluh atau juga belimbing botol berasal dari kepulauan maluku awalnya dan telah menyebar keseluruh penjuruh dunia, belimbing wuluh memiliki rasa asam yang sangat dibanding dari belimbing biasa.

Belimbing pohonya dapat mencapai 15 meter, batangnya sedang saja dan kasar serta berbenjol-benjol dan bercabang sedikit. daun dari belimbing ini kecil-kecil dan berbentuk telur, buah dari pohon ini bulat hijau seperti botol kecil dan akan semakin kekuning-kuningan saat semakin tua.

Pohon belimbing botol ini mengandung saponin, tanin, glikosida, sulfur, asam format dan peroksidase. dan daunnya mengandung tannin, sulfur, asam format, kalsium oksalat, dan kalium sitrat.
Untuk dijadikan bahan sebagai obat tradisional tanaman ini dapat dipergunakan daun buah dan bunga dari tanaman ini.

Tanaman yang biasanya menjadi sebagai tanaman pekarangan saja, padahal tanaman tropis ini memiliki banyak kashiat untuk mengobati banyak penyakit dan diantaranya yaitu sebagai peredah nyeri karena cedera memar sebagai obat batuk, sebagai obat encok, penurun demam dan dipergunakan sebagai obat untuk mengobati gondok.

Cara mengolah untuk sebagai obat nyeri hanya sediakan potongan-potongan ranting muda tanaman ini beserta daunya dan ditambahkan bawang merah dan ditumbuk bersamaan sampai halus dan bisa dibalurkan pada tempat yang sakit.
untuk sebagai obat rematik tumbuk daun mudahnya  tambah cengkeh secukupnya dan mericah secukupnya dan dihaluskan bersamaan dan siap dijadikan obat oles pada bagian yang sakit.

No comments:

Post a Comment