Friday, February 21, 2014

JAMBU MONYET PENGHILANG DISENTRI DAN DIABETES

Jambu monyet atau jambu mede adalah tanaman dari suku anacardiaceae yang mulanya berasal dari Brasil dan memiliki buah yang dapat dimakan, yang paling banyak terkenal dan digemari banyak orang ada terdapat padah bijinya yang mana biasanya biji buah terdapat didalam buah tapi biji pada buah ini ada diluar diatas bagian buahnya yang sering disebut sebagai kacang mente.

Jambu monyet ini banyak nama-namanya dan disetiap daerah berbeda-beda, dalam bahasa inggris dinamakan cashew yang diturunkan dari perkataan portugis untuk menamai buahnya. sementara nama marga dari buah ini anacardium menunjuk pada bentuk buahnya yang terbalik seperti jantung.

Tanaman ini dibudidayah karna untuk diambil buah sejatinya yang berwarna kuning hingga merah yang mempunyai bijinya dibagian luar buah yang menempel dibagian atas buahnya yang biasa dijadikan kacang mente yang lezat selain itu juga kacang mentenya dapat diolah menjadi berbagai kebutuhan konsumsi yang unggul.

Tanaman yang mempunyai nama jawa jambu mete, jambu mede disunda, gaju dilampung, buah monyet ditimor, buah yaki dimanado ternyata buanya mengandung kimia asam askorbat, benzaldehisa, kalsium pasti tentunya masih banyak lagi yang dapat dijadikan manfaat penyembuh untuk berbagai penyakit pula.

Bagian yang dapat kita olah menjadi obat bisa pada buah maupun daunya dan khasiatnya dapat memulikan penderita diabetes melitus, desentri dan sebagai obat cacing. 
Dengan pengolahan sederhananya dan praktis dari dua potong kulit jambunya dan dicampurkan adas pulowaras secukupnya kemudian direbus bersama 2 liter air sampai mendidih dan airnya disaring dan dapat diminum 2 kali sehari untuk penderita diabetes melitus, sedangkan untuk mempergunakan daunnya untuk direbus segenggamnya dan 1 potong kulit batangnya kemudian air rebusan diminum 2 kali sehari dapat memulihkan orang yang menderita disentri.

No comments:

Post a Comment