Sunday, February 9, 2014

CARA MENGATASI KETAGIHAN MAKANAN BERGULA

Makanan yang mengandung gula sepatutnya menjadi makanan utama bagi setiap manusia karena dari gula banyak mengandung zat-zat yang sangat menunjang kesehatan tubuh, tapi bagaimana jika makanan bergula tersebut ternyata telah berlebihan dikonsumsi.

Biasanya jika seseorang kelebihan dan keenakan mengkonsusmsi gula akan mengalami resistensi insulin (sel yang tidak peka terhadap insulin) dan jika ini dihiraukan akan menyebabkan penyakit gula atau diabetes yang sangat ditakutkan banyak orang kaarena merupakan penyakit yang tertinggi yang membawa kematian dimuka bumi ini.

Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah, insulin yang berlebihan akan mendorong rasa lapar yang tinggi dan pasti akan menyebabkan tubuh terdorong untuk banyak mengkonsumsi makanan dan pasti akan membuat tubuh menjadi melar.

Ketagihan makanan bergula merupakan ketagihan makanan yang berkarbohidrat tinggi, kita akan puas memakan makanan apa saja akan tetapi cenderung napsu makan terpenuhi saat makanannya mengandung rasa manis tinggi.

Banyak makanan yang manis yang ada dan sebagai makanan utama seperti contohnya tepung terigu dan nasi, walaupun rasanya tidak terasa manis tapi ternyata kandungan gulanya sangat tinggi, lain juga dengan notabenenya makanan mengandung gula tinggi dan memang rasanya langsung terasa manis dilidah contohnya coklat,permen dan cemilan manis lainya serta makanan ringan yang garing. walaupun rasa secara langsung berbeda tapi sebenarnya makanan yang bergula terdapat disemua makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Cara mengatasi bagi orang yang telah ketagihan makanan yang bergula atau menstabilkan kadar gula dalam tubuh : sarapan makan yang berprotein tinggi seperti telur dan tahu tempe, Konsumsi makanan berprotein lebih sedikit dan baiknya pada kacang rebus dan daging yang sudah dahulu direbus, Hindari pemanis buatan dan mengkonsumsi gula secara langsung,kurangi tidur tapi tetap menyediakan waktu istirahat malam 6-8 jam

No comments:

Post a Comment