Wednesday, February 5, 2014

BAYAM DURI MEMBERSIHKAN DARAH & PELANCAR ASI

Bayam atau amaranthus adalah tumbuhan yang di tanam untuk dikonsumsi daunya sebagai sayuran hijau, tumbuhan ini berasal dari amerika tropik namun saat ini tersebar ke seluruh dunia,tanaman ini terkenal dengan Zat besinya.

Tanaman ini sangat tahan dalam keadaan kemarau karena batangnya berair dan kurang unsur kayunya, bayam dijadikan sebagai sayur hanya populer di asia sehingga julukan dari tanaman ini dalam bahasi inggris chinese amaranth.

Di pasaran sayur bayam dikenal dua jenis yaitu bayam petik dan bayam cabut, perbedaannya ukuran daun bayam cabut lebih kecil dari bayam petik. daun bayam ini untuk masyarakat indonesia merupakan pelengkap makanan yang banyak mengandung sayur contohnya merupakan campuran utama dari makanan gado-gado juga dapat langsung dikonsumsi hanya sebagai lalapan.

Kandungan kimia pada bayam duri mengandung: amrantin, rutin, spinasterol, hentriakontanin, kalium, nitrat, kalsium oksalat, garam fosfat, zat besi serta vitamin tentunya.
bagian yang di gunakan untuk berkhasiat sebagai obat juga adalah seluruh bagian tanaman bayam.
Banyak khasiatnya antara lain pereda demam, peluruh kencing, peluruh haid, peluruh dahak, penawar racun, menghilangkan bengkak dan tentunya sebagai pembersih darah.

Cara mengolahnya sebagai melancarkan ASI : satu batang bayam duri segar di parut sampai halus dan dibalurkan pada payudara dan sekitarnya lakukan 3 sampai 4 kali sehari sampai air ASI nya lancar.
untuk sakit gigi  akar bayam duri dibersihkan lalu dikunya mentah-mentah.

No comments:

Post a Comment