Friday, February 7, 2014

ILER (MAJANA) SEMBUHKAN AMBEYEN

Iler adalah tanaman semak yang batangnya berair seperti tanaman bayam dan warnanya ungu,iler di indonesia khusus didibanyak daerah mempunyai nama-nama khasnya.
di batak banyak menamainya gresing,pilado (padang),adang-adang (palembang), kentangan(jawa), sarewung (minahasa), majana(manado), ati-ati (betawi) dan tentunya masih banyak lagi namanya di tempat lain.

Tanaman yang memiliki tinggi 1,5 meter,batang lunak,daun tunggal,memiliki bunga majemuk, dan berakar tunggang.
sebagai tanaman yang sangat berkhasiat dalam pengobatan iler sebenarya mengandung saponin,flavonoid,minyak atsiri pada minyak atsiri ini mengandung pula karvakrol,isopropyl,kalium,sama rosmarinat dan asam klorogenat.

Bagian tumbuhan ini yang banyak dipergunakan ada pada daun dan akar saja dan biasanya diolah untuk menjadi obat-obatan seperti untuk sakit wasir.biasanya tanaman ini ditanaman dipekarangan selain sebagai tanaman obat tapi juga dijadikan tanaman penghias dan juga biasanya merupakan tanaman semak yang tumbuh liar ditempat-tempat lembab dan berair serta terbuka contohnya dipinggir-pingir selokan ,pematang sawah atau dipinggir jalan setapak dipedesaan.

Majana selain berwarna unggu dan pahit rasanya ternyata wangi baunya, selain wasir juga bisa sebagai pelancar haid,menghancurkan darah-darah mati seperti bisul dan juga bisa sebagai obat cacingan.

Cara mengolah praktis menjadi obat ambeyen ambil saja 17 daun iler,7 lembar ngokilo,3rimpang kunyit dan semuanya direbus bersamaan sampai mendidih dengan 5 gelas air  dan minum satu gelas  dalam sehari.


No comments:

Post a Comment